Shopping cart:
Jumlah = pcs
Keranjang
085647595948
DOAB5E4B
Customer service 1
Customer service 1

KT00370 KAIN BATIK CAP TRUNTUM RED

KT00370 KAIN BATIK CAP TRUNTUM RED
Kategori Kain Batik Pre Order
Stok READY
KodeKT00370
Di lihat 344 kali
Berat ( /pcs )0.3 Kg
Harga Rp 138.000
Pesan Sekarang !
085647595948
08.00 - 21.00 WIB
Pilih Warna atau Produk Lainnya
KT00375 KAIN BATIK CAP BLUE MAROON KT00374 KAIN BATIK CAP MEGAH KT00373 KAIN BATIK CAP PARANG BAGONG KT00372 KAIN BATIK CAP MBLADUS

KT00370 KAIN BATIK CAP TRUNTUM RED

Batik Casual Nyaman di badan

Batik Casual Casual Batik Berpenampilan rapi dan stylish menjadi keinginan para perempuan. Pakaian yang bagus dan trendi, aksesoris yang cantik, dan gaya rambut yang berkilau adalah kombinasi dari penampilan menawan dan memukau setiap hari. Banyak orang menghindari penggunaan batik karena takut terlihat terlalu resmi atau formal. Baju batik memang identik dengan motif yang elegan dan anggun. Tapi bukan berarti tidak bisa dipakai untuk sehari-hari. Sekarang kreasi batik tidak hanya pada baju formal tapi juga baju semi formal dan baju kasual. Batik lover bisa memilih dress cute dari kain batik berwarna cerah atau blus dengan model simple. Sekarang banyak baju dan aksesori batik yang didesain untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari atau untuk datang ke acara semi formal seperti resepsi pernikahan. Trik sederhana memakai batik untuk sehari-hari adalah pilih batik dengan warna dan motif yang serasi. Batik lover bisa memilih batik berwarna hijau, pink, biru, dan masih banyak warna yang bisa dipilih. Bisa ditambah dengan gelang atau necklace kesukaan batik lover. Waktu datang ke acara resepsi, beberapa baju batik yang cantik bagi yang berhijab. Model Long dress batik dari bahan silk akan membuat penampilan terlihat mewah dan lembut. Kain batik berwarna cokelat muda atau krem cocok dipakai untuk acara resepsi perkawinan. Batik_Casual Batik_Casual Pemakaian batik tidak lagi identik dengan kaku, formal, dan resmi. Sebenarnya akan terlihat lebih modis bila bisa mengaplikasikan baju batik untuk daily wear seperti ke kantor, nyantai, kuliah atau kegiatan harian yang lain.

Mengenal Buah Lerak Pencuci Batik

buah lerak Buah Lerak Untuk mencuci kain batik banyak menyarankan untuk menggunakan buah lerak. Pada artikel ini akan dibahas lebih mendalam tentang lerak. Tidak banyak yang mengetahui apa itu lerak dan mengapa harus lerak? Tumbuhan Lerak memiliki nama latin Sapindus Rarak DC. Pemberian nama berbeda-beda di setiap daerah-daerah. Masyarakat Sunda menyebutnya Rêrêk, masyarakat Minang menyebutnya Kanikia. Orang Jawa, sebutannya adalah Lerak atau Werak. Masyarakat Palembang menyebutnya Lamuran, dan di Jambi disebut Kalikea. Lerak merupakan tanaman liar yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia lebih tepatnya di pulau Sumatera dan Jawa. Pohonya bisa mencapai ketinggian 42 meter. Dan akan menghasilkan buah setelah berusia 30 tahun. Memanen buah lerak tidaak perlu repot-repot karena buahnya akan jatuh sendiri. Bentuk buah dan biji lerak bulat. Kandungannya 73% daging buah yang berwarna kuning kecoklatan dan 27% biji yang berwarna hitam bulat. Buah lerak beracun pada bagian daging buah. Karena mengandung saponin yaitu suatu alkaloid berbahaya. Tapi bagian inilah yang akan mengeluarkan busa dan digunakan untuk mencuci batik. Buah Lerak sebagai sabun cuci memiliki keunggulan daripada detergent yang dijual di pasaran karena dapat membuat kualitas kain awet, dan lebih terjaga. Saat daging buah dimasukkan ke dalam air. Zat saponin membuat air menjadi “lebih basa” dan membuat Saponin mudah masuk ke dalam serat kain batik, dan mengikat kotoran-kotoran, serta melepaskan kotoran dari kain batik. Untuk sabun cuci batik, daging buah lerak tidak menimbulkan efek licin pada kain dan tidak menghasilkan banyak busa seperti detergent cuci. Dengan lerak justru membuat kita menghemat air untuk mencuci. Karena membilas cucian tidak diperlukan banyak air dan air bekas cucian ramah terhadap lingkungan. Dapat digunakan untuk menyiram halaman ataupun tanaman dipot. Buah Lerak tidaak hanya bisa digunakan untuk mencuci. Tapi bisa digunakan untuk membersihkan perabot dapur, seperti piring atau tempat makan yang lain. Kotoran yang mengandung lemak yang menempel pada peralatan plastik sangat susah dihilangkan. Solusi alternatif menggunakan lerak sebab lerak sangat mudah melarutkan zat lemak. Lerak biasa digunakan untuk membersihkan perak, untuk mencuci perabotan kayu, dan kaca. Sedangkan kandungan racun pada biji lerak berfungsi untuk pembunuh serangga hama. Lerak juga bisa digunakan sebagai sabun wajah untuk mengurangi jerawat. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman lerak. Walaupun batik lover belum pernah melihat buah ataupun pohon lerak. Tapi saat ini lerak yang sudah diolah dapat ditemui di toko-toko batik khususnya.

Sejarah Berdirinya Batik ini

Bermula membuka usaha hanya dengan 4 karyawan dan sekarang Pesona Batik Madura (PBM) telah berkembang dengan jumlah karyawan sekitar 400 orang. Tetap jujur dan selalu aktif dalam mengikuti pameran merupakan beberapa kunci sebuah kesuksesan. Sebagai pemilik PBM, Siti Maimona tidak pernah nambahi atau mengurangi takaran atau kualitas. Jika takarannya atau kualitas tetap, dan harga batiknya juga mengikuti walaupun harga bahan naik. Yang terpenting kualitas tetap. PBM mempunyai galerinya di Jalan Lawu 19, Mlajah, Bangkalan, Madura. Siti adalah seorang perempuan berkulit kuning langsat. Merupakan generasi keempat dari keluarga pembatik di Madura. Kisahnya berawal dari coba-coba untuk membangkitkan batik Madura yang mulai stagnan hingga surut. Ia akhirnya terjun bebas ke bisnis pembuatan batik khas Madura. Dimulai di tahun 1990 dengan hanya bermodal Rp 5 juta rupiah. Usaha batik tersebut sempat jatuh bangun sampai pada tahun 2005 silam. PBM mendapat pinjaman dana Rp 15 juta dari sebuah perusahaan yang mempunyai project pengembangan bisnis untuk UKM disekitar perusahaan tersebut. Dengan pinjaman tersebut, secara otomatis menjadi mitra binaan perusahaan itu. Selanjutnya pinjaman Rp 20 juta mengalir ke Siti. Pada waktu itulah bisnis batik Siti mulai berkembang dan mulai meningkat. Perkembangan PBM diakui Siti tak lepas dari pelatihan dan pameran yang diselenggarakan perusahaan tersebut. Supaya lebih berkembang usaha batiknya, kucuran dana yang lebih besar lagi yakni Rp 100 juta rupiahpun diberikan. Sampai Siti disekolahkan dan diajak berpameran untuk memperkenalkan batik. Tidak hanya didalam negeri saja, tapi kesempatan berpameran diluar negeri seperti di Cina Italia, Dubai, dan Jepangpun diperoleh. Karena banyaknya pelatihan dan pameran yang sering diikuti baik dalam negeri atau luar negeri. Bisnis batik Siti terus meluas ke seluruh daerah. Tiap bulannya mampu memproduksi 5 ribu potong kain atau omzet sekitar Rp 300 juta rupiah/bulan. Pendapatan omzet tersebut didapatkannya dengan menjual hasil karyanya ke luar negeri seperti ke Jepang, Thailand, Australia, Perancis, dan Italia. Pasar lokalpun tak kalah ramai hingga dijadikan sasaran penjualan hasil karyanya. Ia juga mempunyai 6 outlet batik yang tersebar di Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Ia memberitahu batik Madura tetap mendapat tempat karena mempunyai ciri khas tersendiri. Yaitu warnanya yang cerah dan motifnya yang beraneka ragam, yang menggambarkan karakter masyarakat Madura. Cara pembuatan batik juga menjadi salah satu keunggulan batik khas Madura ini. Karena semakin lama batik direndam harganya semakin mahal. Sebab warnanya yang semakin pekat. Hasil karya batik Siti diharga mulai dari Rp 60 ribu – Rp 9 juta rupiah. Karena saat ini batik yang semakin memasyarakat. Batik hasil karyanya yang paling laku degan harganya di bawah Rp 100 ribu.

Batik Berbahan Baku Getah Pohon

Pembuatan batik yang semuanya berbahan baku organik dari alam termasuk penemuan baru di ranah kerajinan batik di Tuban pada tahun 2011 silam. Selain menjanjikan warna yang khas juga butuh ketelatenan khusus dalam membuatnya bahan tersebut. Karena semua bahan bakunya diambil dari getah pepohonan dengan pewarna sari bunga didaerah tersebut. Dan semua bahannya alami serta waktu pembuatannya juga memakan waktu cukup lama, mencapai sebulan untuk selembar kain batik musim hujan. Hasil karya baru yang diunggulkan Tuban yang dipamerkan mulai 11 hingga 16 Oktober tahun 2011 silam. Dalam rangkaian kegiatan HUT ke-54 PT Semen Gresik. Produk batik ini harganya relatif lebih mahal dibanding batik biasa atau model cap atau printing. Batik herbal yang paling murah Rp 175 ribu per lembar. Batik hasil karya ibu-ibu desa sekitar pabrik semen PT SG di Tuban ini memang khas dan merupakan temuan baru dan sangat alami serta ramah lingkungan karena tak satu pun bahan bakunya mengandung unsur kimia atau zat berbahaya. Itulah yang dikatakan Zaenab seorang pengrajin batik herbal saat ditemui di stand Rumah Perempuan Kokoh area pameran produk unggulan Pekan Raya Tuban 2011 Desa Bogorejo Kecamatan Merakurak. Kelebihan batik berbahan herbal hasil binaan PT SG bekerjasama dengan Koalisi Perempuan Ranggalawe (KPR) Tuban adalah tidak panas jika dipakai sesudah dijadikan pakaian. Juga warnanya tidak mudah lapuk dan memiliki ornamen khas dari daerah Tuban yang menyertakan unsur gunung, laut, lingkungan pedesaan, dan bunga. Pameran yang diselenggarakan PT SG diikuti 142 stand terdiri dari jenis UKM teknologi pendidikan, ekonomi/perbankan, kesehatan, otomatif dan handycraft dari daerah Surabaya, Tuban, Lamongan, Gresik, Bojonegoro, Pati, dan Pekalongan. Pekan raya SG Tuban tahun 2011 silam bertujuan mengenalkan produk unggulan dari Usaha Kecil Masyarakat yang terutama menjadi binaan PT SG. .

Batik Dan Gaya Kontemporer

Pertama kali desainer Yanny Tan menggelar fashion show perdana dengan tema atau konsep Sublime Asia. Tema Sublime Asia dipilih berdasarkan pada nilai-nilai budaya yang diekspresikan dalam pakaian tradisional yang didesain dengan gaya kontemporer atau modern. Pada fashion shownya, Yanny Tan menampilkan 50 pakaian yang terdiri dari koleksi busana ready to wear, haute couture, dan light cocktail. Semua busana yang ditampilkan dibuat dari kain batik yang diterjemahkan menjadi pakaian khas Asia seperti kimono, cheongsam, sari, dan kebaya. Selembar kain batik yang digunakan dalam busana rancangan Yanny Tan kali ini bukan kain batik tulis yang biasa ada dipasaran. Tapi ia membangun sebuah komunitas pembatik untuk mendapatkan kain batik tulis sesuai dengan harapannya. Tree Of Life merupakan salah satu judul kain batik rancangannya yang sarat dengan nilai filosofi dan historis. Produk batik tulis dari busana rancangan Yanny Tan menjadi bukti kerja keras serta kesungguhan yang tergambar dari keindahan motif-motif kain batik hasil imajinasinya. Pada dasarnya tidak sembarang orang yang bisa menggambar batik dengan kecintaan dan ketulusan hati. Jadi bersiap-siaplah untuk terhenyak menyaksikan setetes demi setetes malam yang diaplikasikan dengan kesungguhan dan ketulusan yang kemudian menjelma menjadi sebuah lukisan masterpiece yang begitu indah dan mengagumkan. Dari sebuah kain putih polos yang kini sudah berubah menjadi motif nan indah itu kemudian dirancang Yanny Tan menjadi koleksi busana yang modern namun tetap bernilai klasik dan artistiknya tetap terjaga. Perpaduan unsur modern dan multicultural akan selalu menjadi trend dari masa ke masa serta menjadi busana yang dapat mengungkapkan keadaan atau perasaan pemakai. Tidak hanya untuk kepentingan beauty tapi juga kepentingan dari pemakainya terutama dari sisi karakternya. Merupakan harapan dari Yanny Tan yang lahir pada tanggal 3 Juni 1975 di Solo. Yanny Tan merupakan desainer lulusan Susan Budiharjo fashion design school. Ia berharap karya-karyanya bisa diterima dengan baik oleh publik dan juga berharap agar masyarakat lebih menghargai batik khususnya batik tulis sebagai sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Adakalanya proses yang begitu membutuhkan waktu dan kesungguhan hati saat membuatnya dan itu jangan sampai lebih diapresiasi oleh orang asing itu harapan Yanny Tan yang lain.

Comment

download

BK0256 KAINBATIK & artikel tentang

Rp 130.000 150.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBK0256
Nama BarangBK0256 KAINBATIK & artikel tentang batik wonogiren
Harga Rp 130.000 150.000
Lihat Detail »
download

KT00375 KAIN BATIK CAP BLUE MAROON

Rp 70.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00375
Nama BarangKT00375 KAIN BATIK CAP BLUE MAROON
Harga Rp 70.000
Lihat Detail »

KT00374 KAIN BATIK CAP MEGAH

Rp 135.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00374
Nama BarangKT00374 KAIN BATIK CAP MEGAH
Harga Rp 135.000
Lihat Detail »

KT00373 KAIN BATIK CAP PARANG BAGON

Rp 135.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00373
Nama BarangKT00373 KAIN BATIK CAP PARANG BAGONG
Harga Rp 135.000
Lihat Detail »

KT00372 KAIN BATIK CAP MBLADUS

Rp 135.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00372
Nama BarangKT00372 KAIN BATIK CAP MBLADUS
Harga Rp 135.000
Lihat Detail »

KT00371KAIN BATIK CAP MIX COLOUR

Rp 135.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00371
Nama BarangKT00371KAIN BATIK CAP MIX COLOUR
Harga Rp 135.000
Lihat Detail »

KT00364 KAIN BATIK CAP SQUASH FRESH

Rp 139.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00364
Nama BarangKT00364 KAIN BATIK CAP SQUASH FRESH
Harga Rp 139.000
Lihat Detail »

KT00369 KAIN BATIK CAP KOTAK UNGU

Rp 139.000
Detail
Order Sekarang » SMS : 085647595948
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKT00369
Nama BarangKT00369 KAIN BATIK CAP KOTAK UNGU
Harga Rp 139.000
Lihat Detail »

Rekening Bank

Budi Prihono, S.Sos - 0770538343
Budi Prihono, S.Sos - 1380010506520
Budi Prihono, S.Sos - 0282198021
Budi Prihono, S.Sos - 051201005742507

Pengiriman

banner-instagram

Toko

Alamat : Jl. Salak 5 No. 125 Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772
Telp : 0271 8202839 (call)
PIN BB : DOAB5E4B (chat)
HP : 085647595948 (sms/wa)
Email : indokabana@gmail.com
Yahoo : YM Customer Support 1
Jam Kerja : 09.00 - 17.00
085647595948

Pin BB : DOAB5E4B

Customer service 1