Katalog Kain Batik Kayamara, Brand Indokabana

KT00210 Kain Batik Cap Smoke Serat Kayu Jati

KodeKT00210
Harga Rp 50.000
Stok 6
Berat(/pcs)0.3 Kg

Detail Produk

KT00210 Kain Batik Cap Smoke Serat Kayu Jati

KT00210 Kain Batik Cap Smoke Serat Kayu Jati 2

Mengapa kami menjual Kain KT00210 Kain Batik Cap Smoke Serat Kayu Jati

Kami menjual kain smoke cap batik dengan serat kayu jati sebagai wujud artistik dan sekaligus mengagumi keelokan kayu jadi sehingga kami mampu menciptakan sebuah karya karenanya. Kayu jati adalah sumber inspirasi yang natural dan alami sehingga karenanya kayu jadi banyak di jumpai sebagai bahan pembuatan mebel.

Arti dan asal usul nama kain batik dengan motif Smoke Serat Kayu Jati

Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m. Berdaun besar, yang luruh di musim kemarau. Jati dikenal dunia dengan nama teak (bahasa Inggris). Nama ini berasal dari kata thekku (തേക്ക്) dalam bahasa Malayalam, bahasa di negara bagian Kerala di India selatan. Nama ilmiah jati adalah Tectona grandis L.f. Jati dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1 500 – 2 000 mm/tahun dan suhu 27 – 36 °C baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tempat yang paling baik untuk pertumbuhan jati adalah tanah dengan pH 4.5 – 7 dan tidak dibanjiri dengan air. Jati memiliki daun berbentuk elips yang lebar dan dapat mencapai 30 – 60 cm saat dewasa. Jati memiliki pertumbuhan yang lambat dengan germinasi rendah (biasanya kurang dari 50%) yang membuat proses propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaan atas kayu jati. Jati biasanya diproduksi secara konvensional dengan menggunakan biji. Akan tetapi produksi bibit dengan jumlah besar dalam waktu tertentu menjadi terbatas karena adanya lapisan luar biji yang keras. Beberapa alternatif telah dilakukan untuk mengatasi lapisan ini seperti merendam biji dalam air, memanaskan biji dengan api kecil atau pasir panas, serta menambahkan asam, basa, atau bakteri. Akan tetapi alternatif tersebut masih belum optimal untuk menghasilkan jati dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak

Tips

Cara Merawat dan Membersihkan Perabot Kayu jati, Perabot kayu seperti mebel sofa, meja, dll amat memikat hati. Apik dan cantik menghias ruangan rumah. Perabot dari kayu sungguh memerlukan perhatian khusus, apalagi bila terdapat ukirannya. Harus senantiasa dijaga kebersihannya. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan untuk membersihkannya:

 

  • Untuk menghilangkan debu ataupun kotoran dari perabot kayu, gunakan kain lembut.
  • Basahi dulu kain dengan air bersih sebelum dilapkan, agar perabot tak tergores.
  • Bagaimana bila debu itu hinggap di sudut nan sulit, semisal di sela ukiran?
  • Mudah: gunakan saja kuas kecil untuk mengusir debu itu.
  • Sesekali, gunakan cairan khusus pembersih mebel.
  • Ingat: gunakan kain lembut agar perabot tidak tergores.
  • Debu juga bisa dihilangkan dengan vacuum cleaner alias mesin pengisap debu.
  • Atau dengan kompresor kecil. Dengan cara ini, perabot kayu lebih aman dari goresan yang hadir tanpa disengaja.
  • Menggunakan cairan khusus untuk mengilapkan sekaligus melindungi perabot kayu.

Comment